Thursday 10 January 2013

Sebuah cerita .....


Mungkin sulit untuk menggali dari mana asal sebuah cerita atau fairy tales (dalam bahasa Inggris) berasal. Dari mana Charles Perrault menemukan seorang putri cantik bernama Cendrillon yang hidup bertahun-tahun diantara debu dan kotornya rumah yang dia tinggali bersama saudara tirinya. Putri itu dikenal sebagai Cinderella, siapa menyangka dia akan menjadi istri seorang Pangeran.

Seberapa jeniusnya seorang Walt Disney membuat binatang yang dianggap sebagian besar
manusia jorok dan hama ini, tiba-tiba menjadi tokoh idola anak-anak bahkan orang dewasa dengan Mickey Mouse-nya. Hampir setiap barang terdapat versi gambar atau bentuk dari binatang pengerat ini.

Betapa cerdasnya Hanna dan Barbera melihat realita kehidupan kucing yang selalu mengejar tikus dengan ganasnya (hingga memakannya seringkali) menjadi sajian lucu menghibur selama kurang lebih 60 tahun terakhir ini, dan tiada bosan-bosannya melihat adegan demi adegan gambar bergerak tersebut.

Tak kalah dengan tokoh luar negeri, Indonesia pun memiliki Ganes TH menciptakan Si Buta dari Goa Hantu, walau pun dengan keterbatasan fisik, dia bisa melawan penjahat-penjahat yang menyerang rakyat lain, dan hanya dibantu oleh monyetnya Wanara (Kliwon versi film-nya).

Dengan apa mereka bisa menciptakan semua kisah yang
berhasil mempengaruhi kehidupan kita selama bertahun-tahun ini, imajinasi. Tak ada yang tidak mungkin dengan imajinasi. Semua cerita tersebut, berhasil mempengaruhi orang-orang untuk memandang hal lain dibalik kekurangannya.


Jangan takut untuk membayangkan ada dimana kamu 5 atau 10 tahun ke depan, tingal dimana? Dengan siapa? Apakah bisa hidup senang? Apakah bisa mencapai cita-cita? Apakah bisa hidup sesuai rencana? Tak ada manusia yang tahu dimana Anda 10 tahun mendatang. Jangankan 10 tahun mendatang, 1 jam ke depan pun tak ada manusia yang bisa memprediksi akan kemana Anda setelahnya.

Imajinasi itu gratis, bermimpi itu tidak bayar, kita hanya butuh kerja keras jika ingin mencapainya (sedikit keberuntungan mungkin), jika ingin hidup seperti yang Anda bayangkan.

No comments:

Post a Comment