Sunday 29 December 2013

Tentang (anak) Kosan (NO SARA)

Gue sendiri sih gak lama jadi anak kosan. Gak dari awal jua sih nge-kos. Seinget gue, gue nge-kos itu dari bulan oktober 2009, beberapa bulan setelah Mamah dipanggil ke tempat paling indah sama Alloh. Alasannya ya, gue bosen di rumah, sepi, gak ada yang bisa diajak ngobrol kayak dulu.

hehe ... bukan itu broo yang mau gue bahas, bukan alasan kenapa gue nge-kos.

Tapi yang mau dibahas adalah (jeng jeng jeng ....) gak semua anak kosan itu melarat, seenggaknya itu yang terjadi sama temen-temen gue.

Banyak dari temen gue yang kuliah di Unjani dateng dari luar kota, ada yang dari cianjur, sumedang, garut, tasik, palembang bahkan papua. Pilihannya, kalo gak ngekos, mau bolak-balik lo? sanggup???

Kalo dulu, sebelum kos, gue suka baca, liat di TV atau media mana pun, keknya anak kosan itu melarat banget. Sobatan banget sama yang namanya indomie, suka telat bayar kosan, telat ngampus, dekil, dll. Nyatanya, ketika gue mustusin buat nge-kos, gue gak takut sama sekali (walau pun rumah gue di Bandung dan ngekos di Cimahi), dan temen-temen gue mostly berkehidupan nyaman di kamar kosannya. Gak pernah kekurangan makanan, gak pernah kekurangan uang (tampaknya), jarang ada yang telat ngampus (kebanyakan sih, sisanya yaaa.....), bajunya pada bersih, berseka, rapi.

Hoooohhhh......gak semua yang ngekos itu melarat cing, even duit yang dikasih sama ortu atau kakak lo pas-pas-an itu pinter-piter lo aja yang manage. Emang sih ada (banyak) yang dikasih sama ortunya diatas rata-rata, dapet kosan yang mahal, kamar luas dengan fasilitas setumpuk. Tapi buat lo lo yang emang kemampuannya ga sanggup buat ngambil yang itu, kenapa enggak kosan lo yang sederhana dibuat senyaman mungkin. Banyak kok yang se-level-an sama lo, ga perlu liat ke atas mulu, silau.

Inget fren, ortu lo, kakak lo, sodara lo ngekuliahin lo bukan buat show off apa yang orang tua lo punya. Saran gue sih, ketika lo dapet uang yang cukup buat makan dan transport sehari-hari, coba cari kerjaan, gak perlu full-time (kalo gue dulu ambil full-time karena emang lagi liburan aja) bisa cari yang freelance, yang gak harus patuh office hour. Bisa juga naikin prestasi lo biar kepake sama dosen jadi asdos, asisten lab dan semacamnya. Lumayankan walau pun uangnnya gak gede, tapi buat tambah-tambah beli baju, bisa laaahhh.

Saran gue juga, cari temen kosannya yang sejurusan, kalo bisa yang sekelas. Bisa saling bantu ngingetin jadwal kuliah atau buat lo yang susah bangun, bisa sebagai alarm yang ngebangunin lo tiap pagi. Kalo bertemen mah sama siapa aja bro, gak usah pilih-pilih. Rugi. Hidup cuma sekali, dan ditiap tahap kehidupan lo bakal nemu temen baru, nge-replace temen lama lo yang mungkin tiba-tiba aja ngilang, tiba-tiba jarang nanya, tiba-tiba gak kenal sama lo.

Suasana tiap kota beda-beda buat anak rantauan. Cimahi-Bandung masih kebilang ramah, gue yang pernah nge-kos di Jakarta, kerasa banget bedanya. 3 bulan kos, muka temen sebelah kamar aja gak tahu kek apa, penghuni kamar yang ujung cuma kedengeran suaranya (nyanyi-nyanyi geje) aja kalo dia pulang kerja tangah malem. Pahit banget, kagak bisa ngobrol.

Jadi bersukurlah kamuh kamuh yang emang jadi anak kos yang berkecukupan. Dan buat yang belum/mau nge-kos, jangan percaya "melarat"nya anak kosan yang lo baca atau lihat di media-media sekitar, ada temen lo broo yang siap bantu lo materi maupun jasmani. Percaya deh sama Alloh, jangan sama gue, nanti syirik.

No comments:

Post a Comment