Friday 1 March 2013

(Ga jadi) Ikutan Lomba Préambule UUD 1945



Tadi pagi, pas naik busway mau ke kantor, tetiba mules, untung udah deket shelter yang dituju walau pun biasa turun di shelter selanjutnya, saya maksain turun di shelter Gatot Subroto-Menara Jamsostek. Jalan cepet-cepet ke masjid sambil keringetan dingin nahan pengen BAB itu something banget. Udah tiba di masjid (thanks God) eehhhh lagi pada upacara itu anak-anak SDIT sama SMPIT, yaaaak karena ga tahan lagi, potong semua urat malu, masuk WC aja walau pun diliatin hehehe…

Ga enak juga ya BAB sambil berisik-berisik orang diluaran lagi upacara (btw, mungkin karena sekolah islam, jadi upacara penaikan benderanya hari jumat ya). Si “pembaca urutan acara” (apa ya namanya?
moderator bukan?) membacakan “pembacaan pembukaan undang-undang upacara 1945 oleh petugas upacara” seketika itu juga, pikiran saya yang lagi jongkok ini kembali ke masa tahun 2000an ketika dipercaya untuk mengikut lomba “hafal pembukaan UUD 1945”. Saya yang masih cilik-cilik (sekarang juga masih kecil-kecil aja perasaan) mengiyakan aja seruan Bu Diah untuk mengikuti lomba itu, bersama Shinta, dia murid baru. Hari itu juga kami berdua duduk di paling belakang kelas agar konsentrasi menghafal kata demi kata dari préambule UUD ’45 tersebut. Waktunya tinggal 3 apa seminggu lagi gitu.

Hari H dateng, saya yang sudah hampir hafal semua kata di préambule tersebut, gugup. Banyak takutnya, ketakutan terbesar saya ya ga hafal, takut lupa pas ditengah-tengah, takut orang lain lebih hafal dari saya. Saya Galau (kalo kata itu ngetrend waktu SD, mungkin itu yang pas). Saking gugupnya, ga berani buat dateng ke acara lomba yang diadakan pagi hari yang bertempat di SD lain itu. Dengan tiis nya, siangnya saya biasa pergi ke sekolah, ketika dibawah, Bu Diah dan Sinta baru pulang dari lomba tersebut. Eeennngggg iiiinnnggg eeennnggg………

Tanpa pikir panjang lagi, saya (hampir) kena marah beliau, bukan marah sih sebenarnya, ngebentak aja “harusnya kamu ngomong kalo ga mau ikutan lombanya, jangan tiba-tiba ga dateng pas lomba dimulai, tadi hampir aja Sinta didiskualifikasi karena ga ada pasangannya. Nilai akhir Sinta juga ga jauh beda sama yang juara, mungkin kalo kamu ikut, bisa jadi juara” saya yang memang merasa salah, meminta maaf kepada beliau, mungkin pikirnya saya ini pengecut karena tidak mau mengikuti lomba, padahal sudah mengiyakan. Ya namanya juga anak-anak SD penggalauan waktu itu… hehehe…

Kembali ke WC dan jongkok, ketika si petugas membacakan préambule dengan suara SD nya yang agak-agak cempreng, saya mngikuti tiap kata dan (mostly) masih hapal hingga akhir kalimat-kalimat panjang itu.

No comments:

Post a Comment