Monday 3 June 2013

#JuniTiga Tentang Musik

Seingat saya, saya mengenal dan mulai mengikuti musik dari saya kecil. Maksudnya dalam koridor "saya mendengar musik di radio dan menonton acara musik di TV". Saya suka bernyanyi, tapi suara saya yang khas, yang kebanyakan fals dari pada merdunya, yang tidak bernada, yang cempreng ini tak memungkinkan saya untuk menjadi penyanyi. Tapi, kembali, seingat saya, saya selalu mengikuti musik-musik baik (baik versi saya) sedari saya kecil.

Mulai dari sewaktu SD, saya suka acara ci luk ba yang dipandu oleh Maissy. Acara Tralala Trilili oleh Agnes Monica dan Indra Bekti. Beranjak ke konten musik lebih remaja, dulu ada Delta (deretan lagu terbaik) di stasiun TV RCTI, hostnya kalau gak salah Dewi Sandra dan disponsori oleh Shampo Clear. Lalu beranjak ke musik berbahasa asing, saya ga luput juga menonton acara MTV (Music Television) yang waktu itu ada di stasiun TV ANTV dan beralih ke Global TV, dengan host-nya yang masih
saya ingat, dari Indonesia ada Sarah Sechan, Shanty, Jamie Aditya, Nirina, Chaty Sharon, Marissa, Daniel, Rianty, Evan yang masih sempat tertonton. Dari luar ada Donita dan Utt yang masih diingat. MTV mati di Indonesia, mati pula akses gratis untuk melihat video-video musik artis luar negri.

Walau pun dari kecil saya suka menonton acara musik, saya bukan musisi dan bukan orang dengan citarasa musikalitas yang tinggi. Saya tidak mengerti not balok, tidak bisa membacanya, atau pun melafalkan do re mi fa sol la si do tanpa fals ditengah-tengah. Saya suka melagukan sebuah lagu.
Bagi saya genre musik di hidup saya hanya ada dua, 1. yang enak didengar dan 2. yang tidak enak didengar, keduanya menurut pendengaran dan kesukaan saya pastinya. Saya suka semua jenis musik, semua jenis bahasa asalkan itu enak didengar walau pun tak mengerti artinya, mau pop, rock, jazz, J-Pop, K-Pop, dangdut, berbahasa Indonesia, Sunda, Inggris, Prancis, Mandarin, Korea, Spanyol apa pun lah itu. Karena saya bukan musisi banget, saya ga ngerti kalau ada yang benyanyi hanya "ba ra ram ram raaaaaam pa pup para parapup pararam daram dararamm......"

No comments:

Post a Comment